Pertemuan 2 - Database Change Management

DATABASE CHANGE MANAGEMENT

Suatu bisnis akan mengalami sebuah perubahan dalam perjalanannya, sehingga kejadian tersebut bagi seorang DBA harus memehami dan menyiapkan langkah-langkah praktis guna menyelaesaikan masalah tersebut. Perubahan adalah satu-satunya yang konstan dalam lingkungan bisnis yang kompleks saat ini. Sebuah pasar yang selalu berubah menyebabkan perusahaan harus terus beradaptasi. Perubahan tidak dapat dihindari tetapi diperlukan untuk kelangsungan hidup bisnis dan kesuksesan. Ada beberapa faktor yang berbeda khususnya perusahaan dalam mengelola TI seperti Lingkungan fisik atau tempat kerja,Perubahan organisasi,Perubahan-perubahan infrastruktur jaringan ,Perubahan Aplikasi dan sistem ,Perubahan Jenis dan struktur data, dengan perubahan tersebut membuat seorang DBA harus mengubah beberapa struktur data yang sudah tersimpan dalam sebuah database
Untuk menjamin kesuksesan, faktor-faktor antara lain :
Inteligen.
Analisis Perencanaan.
Dampak analisis.
Otomasi.
Standarisasi prosedur.
Reliable dan proses diprediksi. Ketersediaan.
Cepat dan efisien
Proaktif
DBA adalah penjaga perubahan database.Yang meminta perubahan biasanya programmer, pemilik aplikasi atau pengguna bisnis DBA dibebani untuk melakukan perubahan database dan memastikan bahwa setiap perubahan dilakukan dengan sukses dan tidak berdampak terhadap sisa database.Untuk secara efektif melakukan perubahan database, DBA perlu mempertimbangkan setiap item( materi sebelumnya)Sebagian besar organisasi memiliki beberapa produk DBMS, masing-masing dengan berbagai tingkat dukungan untuk melakukan perubahan.
Jenis-Jenis Perubahan dalam database:

Perangkat Lunak DBMS
Konfigurasi Hardware
Desain Logikal dan fisikal
Aplikasi
Fisik Struktur Database

Dari beberapa perubahan tersebut akan berdampak pada Struktur database sehingga Ketika kebutuhan data organisasi berubah, database digunakan untuk menyimpan data juga harus berubah. Jika data tidak dapat diandalkan dan tidak tersedia, sistem tidak melayani kebutuhan bisnis Yang diperlukan tidak hanya gagal-aman, tetapi juga otomatis, efisien, dan mudah digunakan.Pengaruh DROP Cascading merumitkan pekerjaan mengubah skema database.
Database Object Hirarki

Untuk Melakukan sebuah perbahan bagi seorang DBA terdapat beberapa Skenario perubahan seperti ,Seorang DBA perlu melakukan berbagai jenis perubahan ke database lebih dari masa pakai baterai. tugas DBA untuk memahami cara terbaik untuk mempengaruhi semua jenis perubahan database. Perubahan sederhana tidak begitu sederhana ketika harus disebarkan kepada beberapa database pada server berbeda ,Perubahan yang kompleks, seperti penggantian nama kolom, dapat berlangsung berjam-jam untuk menerapkan secara manual.Pelacakan perubahan database.Menambahkan sebuah kolom ditengah tabel adalah perubahan yang sangat sulit.Singkatnya, untuk secara efektif memberlakukan perubahan database, DBA harus memahami semua hubungan yang rumit antara database yang mereka kelola dan mempunyai pemahaman yang kuat tentang jenis perubahan yang didukung oleh produk DBMS yang mereka gunakan.
Database dijamin membutuhkan perubahan selama hidup mereka. DBA adalah penjaga database dan karenanya bertanggung jawab untuk melaksanakan perubahan secara bertanggung jawab yang menjamin struktur, integritas, dan keandalan database. DBA harus membuat dan mengelola database disiplin perubahan manajemen yang terdiri dari alat-alat, prosedur, dan kebijakan untuk memberlakukan perubahan database secara tepat dan bertanggung jawab.






0 Comments:

Post a Comment



Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda